Sabtu, 29 September 2012

Perkembangan Hardware dan Software



Komputer dari sejak awal dibuatnya, hingga kini banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930, lahirlah suatu konsep dari komputer-komputer serba guna yang menjadi awal dari komputer modern saat ini. Pada tahun 1937, Alan Turin seorang ahli matematika bangsa Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer yang serba guna. Sehingga dari gagasan tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan fungsinya, dan perangkat lunak (software) mengalami perkembangan penggunaannya menjadi program yang mudah digunakan.

Hardware adalah perangkat keras komputer, dapat diraba dan dilihat bentuknya. Hardware terdiri dari Input, Output dan Pendukung. Software atau perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sendiri terdapat banyak macamnya, ada software OS, Aplikasi, dll. Software sendiri tidak dapat dilihat, tapi sangat dibutuhkan fungsinya untuk mengefektifkan kinerja komputer. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.

Perkembangan Hardware

Sejarah perkembangan hardware dibedakan dalam dua periode perkembangan yaitu periode sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sebelum tahun 1940 dikatakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik.

Sejarah komputer dimulai ketika lahirnya komputer generasi pertama yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Kebanyakan orang mengenal sejarah komputer yang pertama kali dibuat adalah ENIAC. Komputer ENIAC yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Padahal komputer digital pertama sebenarnya adalah ABC (Atanasoff-Berry Computer). Adalah Vincent Atanasoff ,pendiri ABC yang lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika adalah matematika binari dan logika Boolean. Solusi itu dianggapnya pas untuk komputer digital yang sedang dirancangnya.

Pada September 1939, Atanasoff mendapat suntikan dana sebesar 650 dolar AS. Selain itu, ia pun mendapat bantuan tenaga dan pikiran dari Clifford Berry, salah satu mahasiswanya yang sama-sama gandrung akan solusi digital.

Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer. Namun ketenarannya menjadi pudar setelah “diserobot” ENIAC.

Proposal ENIAC dirancang pada tahun 1942 dan mulai di buat pada tahun 1943 oleh Dr. John Mauchy dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.

  • Komputer generasi pertama dibangun selama interval tahun 1940 sampai dengan 1959. Meskipun ENIAC ataupun ABC saling mengklaim sebagai komputer pertama didunia, namun mereka bukanlah komputer yang dipasarkan secara komersial pertama didunia. UNIVAC adalah jenis komputer pertama didunia yang dipasarkan secara komersial. Komputer jenis ini diproduksi oleh produsen IBM dan Sperry yang digunakan pertama kali untuk keperluan kalkulasi sensus penduduk negara Amerika Serikat tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun 1963. Selain itu, IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer yang paling populer sampai dengan tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk mengantikan IBM 701. Adapun karakteristik atau ciri-ciri dari komputer generasi pertama adalah yaitu berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m2  dengan menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan 70.000 resistor. Ketika di operasikan membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton dan menempati ruangan sekitar 167 m2 .
  • Komputer generasi kedua dibangun sekitar tahun 1959 hingga tahun 1964 dengan mempunyai spesifikasi antara lain menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk mengantikan tabung vakum Sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN (Formula Translator) digunakan untuk penyelesaian matematika dan COBOL (Common Bussiness Oriented Language) digunakan untuk masalah peradagangan..Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage. Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk . Kemampuan melakukan proses real time dan real sharing . Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dari generasi pertama . Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik . Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil . Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga sudah ke aplikasi teknik
     
  • generasi ketiga dibangun pada tahun 1964 sampai dengan tahun 1970 dengan memiliki spesifikasi sebagai berikut antara lain komputer generasi ketiga menggunakan teknologi Integrated Circuit (IC) hingga generasi sekarang. IC di buat pertama kali oleh Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor dan sekarang IC  memiliki miliaran transistor. Contoh Komputer Generasi III adalah: IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, NCR Century, GE 600, CDC 3000. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut antara lain : 
-    Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.  Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
-       Peningkatan dari sisi software.
-       Kapasitas memori lebih besar dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya  hanya puluhan ribu).
-       Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara acak dengan kapasitas jutaan karakter.
-      Penggunaan listrik yang lebih hemat.
-      Kemampuan untuk melakukan multiprosesing dan multitasking.
-     Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
-      Harga yang semakin murah.
-      Kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan komputer lain.

  • ·         Komputer Generasi Keempat adalah lanjutan dari Generasi Ke III yang dibangun mulai tahun 1970 sampai tahun 1980-an. Bedanya komputer GIV mengunakan IC yang lebih kompleks dan terintegrasi. Large Scale Integration – Bipolar LSI – Very LSI à yang dapat menampung ribuan hingga ratusan ribu IC. Tahun 1971 INTEL memperkenalkan microkomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Tahun 1972 INTEL memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu . Tahun 1974 INTEL membuat Prosesor 8080 untuk tujuan umum pertama kali. Pada Generasi Keempat tampilan monitor masih satu warna (green color)Komputer Generasi Ke empat adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080 dengan sistem Operasi CP/M (Control Program for Microposessor) dengan Bahasa Pemrograman BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan matematika dan perhitungan dagang yang sederhana.
  • ·         Komputer generasi kelima mulai dibangun pada tahun 1980-an. Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah Komputer Personal (PC) secara masal.Tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standard komputer PC yang dinamakan IBM-PC. Prosesor yang digunakan 8088/8086 yang merupakan standar komputer saat itu dengan menggunakan basis proses 18 bit per satuan waktu. Dengan lahirnya komputer IBM bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan Software. Mulai dikembangkan standar PC yang dikenal dengan PC-Compatible dan dikembangkan oleh perusahaan seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh Wiliam Bill Gates. Generasi kelima telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josepson Junction, teknologi yang mengantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses triliyunan operasi per detik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini komputer dapat menerjemahkan bahasa manusia serta adanya penghematan energi komputer. Sifat ini dinamakan “artifical intelegence” Selain itu berbasis GUI, Multimedia dan Multikomunikasi. Contoh komputer yang lahir generasi kelima berbasis  x86, seperti chip 286 yang dikenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut dengan PENTIUM 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan MIPS (Million Instruction per Second). Kemudian Generasi berikut Pentium 2, 3 dan 4. Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4 yang merupakan prosesor terkahir dari keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor ITANIUM (Code Named Merced) yang merupakan prosesor yang berbasis arsitektur 64 bit.
Kini sebuah komputer modern mempunyai spesifikasi yang lebih canggih misalnya saja kapasitas RAM (Random Access Memory) yang besar serta VGA (Visual Graphic Adapter) yang mampu menjalankan program dengan kapasitas besar serta dengan gambar visual yang bagus. Kini komputer memiliki bentuk yang lebih simple dan mudah dibawa kemana-mana. Adapun bentuk dari komputer yang simpel tersebut antara lain Laptop, komputer tablet, dll.

Produsen processor pun semakin lama semakin menyempurnakan dan membuat varian-varian baru yang semakin kompleks dan semakin memudahkan penggunanya. Sebut saja perusahaan processor dunia Intel yang kini sudah memiliki generasi processor terbaru Intel i7 dengan pilihan operating system Home Premium maupun Ultimate. Intel sebelumnya juga sukses dengan processor generasi pentium, mulai dari pentium 1 hingga pentium 4, sebelum meluncurkan Intel Core 2 DUO yang disusul oleh generasi Intel i mulai i3, i5 dan yang terakhir  Intel i7.

Adapun contoh-contoh hardware antara lain yaitu :

1. Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data.
2. Memori RAM, tempat menyimpan data sementara.
3. Hard drive, media penyimpanan semi permanen.
4. Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet.
5. Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU,sepertimonitordanprinter.

Hardware dalam sebuah komputer masih terbagi lagi dalam dua kategori, yaitu input hardware dan output hardware. Berikut penjabarannya :

1. Input Hardware

Input adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Contoh dari input hardware adalah Keyboard, Alat Penunjuk( Mouse, Trackball), Joystick, Scanner, Webcam, dan Tablet grafis.

2. Output Hardware

·Hard-copy device , yaitu alat yang digunakan untuk mencetak karakter pada media keras seperti kertas .
·Soft-copy device, yaitu alat yang berfungsi  untuk menampilkan karakter pada media lunak yaitu yang berupa sinyal-sinyal elektronik.
·  Adapun contoh dari outpit hardware adalah Printer dan Monitor.

Perkembangan Software

1.  Software sebelum komputer generasi pertama

Pada tahun 300 SM, bangsa Yunani menciptakan suatu system komunikasi yang disebut dengan polybius telegraph. System itu menggunakan obor untuk mengirim berita dari suatu tempat ke tempat lain. Tahun 1842 perangkat lunak pertama muncul yang ditulis oleh Ada Augusta, anak perempuan dari Lord Byron. Software ini diterapkan pada Analytical Engine ciptaan Charles Babbage. Tahun 1933 Wallace J. Eckert menciptakan suatu program mekanik yang dipergunakan mengontrol jalannya suatu mesin yang merupakan gabungan dari beberapa mesin akuntansi.

2.  Software semasa komputer generasi pertama

Software pada generasi ini diciptakan oleh para ahli matematika dan ahli teknik yang digunakan untuk menyelesaikan problem yang muncul pada bidangnya. Program yang dibuat bersifat khusus karena hanya untuk satu aplikasi tertentu sehingga jika ingin digunakan untuk aplikasi lain, maka program yang baru harus dibuat lagi. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka orang menciptakan suatu bahasa pemrograman yang disebut bahasa tingkat tinggi. Dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan cara menulis program dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Komputer hanya sebagai alat yang dapat mengerjakan perintah yang diberikan oleh manusia.

Bahasa yang diberikan ini menggunakan bahasa komputer. Bahasa komputer terdiri dari beratusan macam. Setiap bahasa mempunyai ciri-ciri tersendiri yang sesuai dengan bidangnya, seperti : 
a. Bahasa Cobol (Common Bussiness Oriented Language) digunakan untuk masalah peradagangan.
FORTRAN (Formula Translator) digunakan untuk penyelesaian matematika
c. BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan
       matematika dan perhitungan dagang yang sederhana.

Ada beberapa aplikasi pemrograman yang sering dipergunakan, seperti : pengolah kata, perhitungan kolom dan lajur, serta untuk perhitungan statist
ik dan lain-lain. Untuk mengatasai agar jangan terlalu sering menulis ulang program, dibuat suatu paket program untuk penolah kata, paket program untuk perhitungan kolom dan lajur, paket program untuk perhitungan statistik dansebagainya.

Pembuat paket program pengolah kata cukup banyak, misalnya : WordStar, Microsoft Word dan Word Perfect, Chi Writer dan lain-lain.

Jenis-jenis program aplikasi  adalah :

a.  Microsoft Excel
Adalah program aplikasi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan berupa baris dan kolom.

b.  Microsoft Powerpoint
Adalah program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan presentasi.

c.  Microsoft Access
Adalah program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengolahan data / database.

d. Computer Aided Design
Untuk menangani bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti : merancang gedung, merancang bentuk mobil dan sebagainya.

e. DecEasy Accounting
Untuk menyelesaikan masalah perhitungan/pelaporan dalam bidang akuntansi dan sebagainya.
 

Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
    
- Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.  

- Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.

  •  Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi.
  •  perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
  • Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). 
  •  Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). 
  •  Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).   
- Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

- Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar. Bahkan kini terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat menghibur si pengguna komputer, semisal aplikasi permainan maupun lainnya.


Sumber : 

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;